Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Tuesday, 20 December 2011

Tugas Pem. Web II

MURNI ( 09.11.331 )

1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang bahasa PHP dan apa jelaskan apa bedanya dengan HTML?
Jawab :
PHP adalah suatu bahasa atau script untuk membuat halaman web dinamis. Secara nyata, browser (seperti IE, Firefox, Opera dan kawan-kawannya yang lain) hanya mengerti satu bahasa, yaitu HTML (Hypertext Markup Language).
HTML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antara web server dengan klien (browser) yang diberi markup (tanda) khusus untuk melaksanakan atau menampilkan perintah khusus pula.
Kita bisa membuat web dengan menggunakan HTML. Kita juga bisa membuat link ke halaman lain di web kita atau halaman lain di web lain.
Tapi sayangnya, HTML adalah web statis. Artinya, jika kita ingin membuat web yang mempunyai banyak halaman, maka kita dituntut untuk membuat halaman web yang banyak juga.
Di lain pihak, PHP adalah suatu script (tepatnya server-side script) yang memproses perintah-perintah dan mengembalikannya ke server sudah dalam bentuk HTML.
Cara kerjanya seperti ini:
1.      Browser meminta halaman ke web server.
2.      Web server (bisa Apache, IIS dan lain-lain) akan memproses permintaan itu.
3.      Jika web server menemukan suatu tanda khusus PHP (yaitu <?php dan ?>, atau <? dan ?>) maka web server akan memberikan kesempatan kepada PHP untuk memprosesnya, karena itu di luar wewenang web server.
4.      PHP akan memproses perintah-perintah yang berada di antara <?php dan ?> atau <? dan ?> dan mengabaikan yang lainnya.
5.      Dalam memproses perintah-perintah di antara <?php dan ?>, jika ada perintah untuk menampilkan sesuatu (seperti echo), maka PHP akan memberikannya kepada web server. Jika PHP menemukan kesalahan, baik itu sintaks, overflow, file tidak ditemukan dan lain-lain, maka PHP akan memberikan peringatan yang akan diteruskan ke web server.
6.      Jika semua proses telah selesai, maka web server akan memberikan nilai kembalian kepada browser berupa HTML, satu-satunya bahasa yang dia mengerti.





Contoh sederhana script PHP adalah sebagai berikut:
<?php
echo “Saya sedang belajar PHP.”;
?>
Script di atas akan menampilkan Saya sedang belajar PHP. pada browser.
PHP juga dapat dipadukan dengan HTML. Artinya, dalam suatu dokumen web, Anda bisa mencampurkan HTML dengan PHP. Perhatikan script berikut:
<html>
<head>
<title>Saya sedang belajar PHP
</title>
</head>
<body>
<p>Kalimat ini datangnya dari HTML.</p>
<?php
echo “<p>Sementara itu, kalimat ini datangnya dari PHP.</p>”;
?>
<p>Kembali ke HTML</p>
<?php
echo “<p>Kalau yang ini adanya di PHP.</p>”;
?>
<p>Dan seterusnya.</p>
</body>
</html>

2. Apa fungsi aplikasi XAMPP dalam pemrograman PHP ?Jelaskan.
Jawab :
XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.


3. Uraikan aturan dalam mendefinisikan sebuah variabel dalam PHP? Berikan contohnya ?
Jawab :
Variabel digunakan untuk menyimpan data sementara dan nilainya bisa diubah-ubah setiap kali program dijalankan. Data yang disimpan dalam variabel akan hilang setelah program selesai dieksekusi. Semua variabel PHP diawali dengan tanda $. Variabel dapat berisi data bilangan, string atau array. Untuk dapat menggunakan variabel, perlu dilakukan dua hal, yaitu:
1. Deklarasi
Deklarasi adalah memperkenalkan variabel ke program. Dalam penulisan script PHP, deklarasi sering digabung dengan inisialisasi.
Contoh:
$nilai
$namahari

2. Inisialisasi
Inisialisasi variabel adalah memberi suatu nilai untuk pertama kalinya kepada suatu variabel.
Contoh:
$nilai = 50
$namahari = ”senin”

Aturan penamaan variabel:
1. Nama variabel harus diawali dengan huruf atau underscore “_”.
2. Nama variable hanya boleh berisi alpha-numeric dan underscore (a-Z, 0-9, and _ )
3. Nama variabel tidak boleh berisi spasi atau tanda baca.
4. Jika lebih dari satu kata, sebaiknya dipisahkan dengan underscore ($my_string), atau capitalization ($myString).
Variabel pada PHP bersifat “case sensitif”, yang berarti penulisan nama variabel membedakan bentuk penulisan antara huruf kecil dan huruf besar. Variabel $jumlah berbeda dengan $Jumlah.

Contoh penamaan variabel yang benar :
$nama_pemakai
$kota_3
$user1


4.

Hasilnya :

5.
Hasilnya :



0 comments:

Post a Comment