Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Tuesday, 20 October 2015

Arsitektur Cina pada Masjid Cheng Ho Palembang sangat memukau

Pintu Gerbang Masjid Cheng Ho Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang, emmzz siapa ya kira-kira orang Palembang yang belum kenal dengan nama Masjid ini, saya rasa Masjid Cheng Ho ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat Palembang, karena Masjid ini cukup terkenal lo....

Setelah masuk pintu gerbang, jadi serasa berada di Negeri Cina...
Masjid Cheng Ho...apa yang terpikir dalam benak kalian ya??? Yaa...mungkin sama seperti saya, Masjid Cina ya...hehee....Itu kan pemikiran awal, langsung saja nih saya cari info mengenai Masjid tersebut. 

Nah ternyata nih ya...nama lengkap Masjid ini adalah Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang. Yang memprakarsai pembangunan Masjid ini adalah para sesepuh, penasehat dan para pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia di Sumatera Selatan dan masyarakat Tionghoa di Palembang.

Lalu...kenapa ya dinamai Cheng Ho?? Ternyata eh ternyata...dalam sebuah kisah, Cheng Ho adalah seorang Laksamana yang merupakan orang kepercayaan Kaisar ketiga pada jaman Dinasti Ming yaitu Kaisar Youngle  yang berkuasa pada 1403 sampai 1424.

Dalam catatan sejarah, Laksamana Cheng Ho pernah 4 kali datang ke Palembang. Tujuan Laksamana Cheng Ho datang ke Indonesia khususnya di Palembang adalah untuk menyebarkan agama islam dan membantu Kerajaan Sriwijaya menumpas perampok yang berasal dari Tionghoa Hokkian.

Kepala perampok yang bernama Chen Tsu Ji berhasil ditangkap dan dibawa ke Peking. Sejak masa itu, Laksamana Cheng Ho membangun kelompok masyarakat Islam Tionghoa di Palembang.

Halaman samping yang juga dijadikan tempat parkir
Wah sudah tau sejarahnya nih...harusnya langsung cek lokasi ya...hehee...

Jujur saya ya,  saya juga sebagai warga Palembang sudah sering mendengar Masjid Cheng Ho ini, namun karena waktu dan kesibukan sehingga membuat saya belum sempat berkunjung kesana. Nah momen yang tidak saya lewatkan nih, sebenarnya gak ada tujuan untuk ke Masjid ini, Minggu itu saya kebetulan kondangan, bersama teman saya Nita, kondangan di dua tempat yaitu di daerah Seberang Ulu dan Jakabaring. 

Pertama kami menghadiri undangan di daerah Seberang Ulu, setelah selesai acara kami langsung meluncur ke undangan berikutnya yaitu ke Jakabaring. Setelah selesai menemui tuan rumah yang punya hajatan dan penganten, kami pamit pulang.

Wahh....melihat arloji di tanganku menunjukkan pukul 13.30 WIB nih, dan kami belum sholat dzuhur, kalau mau sholat dirumah waktunya gak keburu lagi nih karena lumayan jauh bisa 1 jam perjalanan, alhasil kami memutuskan untuk mencari Masjid terdekat di daerah Jakabaring.

Karena bukan wilayah kekuasaan nih (bukan daerah sendiri maksudnya...hehee...) maka sulit kami menemukan Masjid disana, dan akhirnya saya teringat bahwa Masjid Cheng Ho berlokasi di Jakabaring. Langsung saja kami mencari lokasi tersebut dan syukurlah...tidak terlalu sulit mencari lokasinya karena terdapat petunjuk pada marka jalan menuju Masjid Cheng Ho. Setelah ketemu...ya langsung saja kami masuk dan menunaikan sholat.
Halaman depan di muara pintu gerbang masih sangat luas
Wahh...wah...memakai pakaian kebayak masuk masjid...coba kalau berdua sama doi bisa sekalian foto PreWed ya....hahaaa....

Di bawah salah satu menara Masjid yang seperti klenteng
Setelah selesai sholat kami pun beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pulang, maklum saja perjalanan kami jauh jadi harus isi energi dulu ya, hehee. Saya pun menyempatkan diri untuk berkeliling di sekitar Masjid. 

Wah...memang ternyata indah sekali bangunan Masjid Cheng Ho ini. Bangunannya memiliki gaya arsitektur Cina, Arab dan Palembang.  Bangunannya juga dominan dengan warnah merah dan hijau. Yang tidak kalah menarik juga nih, terdapat dua buah menara yang didesain seperti Klenteng di Negeri Cina.

Ternyata terdapat Rumah Tahfiz dan TPA di Masjid Cheng Ho
Wajar saja Masjid ini selalu ramai pengunjung, baik orang yang ingin beribadah atau sekedar berwisata. Masjid ini juga dilengkapi dengan Perpustakaan dan juga Taman Pendidikan Alquran bagi anak-anak.
Ketemu orang yang gak kenal tapi pastinya baik, jadi kenalan dan foto di taman
Bagi para wisatawan, Masjid Cheng Ho mungkin bisa dijadikan pilihan sebagai tujuan wisata. Selain kita dapat beribadah dan mendapat pahala, namun juga kita bisa menikmati seni dan keindahan Masjid nya, heheee....

Siiippp lah....

Kalau begitu, sampai jumpa dilain waktu lagi ya...tentunya dengan cerita yang berbeda....

8 comments:

  1. di Semarang juga ada petilasan Cheng Ho mbak, namanya Kelenteng Sam Po Khong
    gaya arsitekturnya dominan Cina juga... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouw begitu ya mbak Anjar...saya juga pernah ke Jawa Tengah, mungkin lain waktu bisa jalan-jalan d Semarang ya...hehee....

      Delete
  2. wah waktu ke palembang kemari belum sempat ke sini mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak evrina sayang sekali ya...next time mungkin bisa mampir...hehee....

      Delete
  3. Hmm..keren nih Masjid Cheng Ho.. perpaduan budaya lokal dengan budaya China..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda Rita...keren banget nih Masjid Cheng Ho, dari namanya saja sudah identik dengan China, hehee....

      Delete
  4. Masjidnya bagus banget ya...
    Sentuhan China yang tetap terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Rahmah...identik dengan China ya...hehee...

      Delete