Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Saturday, 24 October 2015

Belajar Memasak Pindang Tulang

Pindang Tulang ala chef Uni....
Jika bicara masakan, jujur saja nih ya, saya paling jarang yang namanya memasak. Sebagai anak gadis nih (cieee....anak gadis...) iyalah anak gadis, kan saya belum nikah jadi kan namanya gadis...heheee.... Sebagai anak gadis, saya sangat jarang memasak, tapi kalau dibilang gak pernah, emmzz...sesekali saya memasak, tapi yang ringan-ringan saja seperti masak air (hahaaa...cuma masak air anak kecil juga bisa mah...), masak nasi udah bisa, kalau masak sayur sih paling bisanya tumis-tumis, sop, yaa pokoknya yang ringan, kalau mau kelas berat seperti rendang, opor, malbi, saya masih butuh bimbingan emak saya...hehee....

Sebagai wanita kuli nih ya, pergi pagi pulang sore, mana sempat mau memasak, kalau makan siang beli nasi padang, kolesterol dong... Sabtu dan Minggu sih memang libur ya, tapi kalau Sabtu itu dihabiskan untuk beres-beres, sedangkan hari Minggu itu biasanya sudah ada jadwal gotong royong dan kondangan, haduuhh benar-benar kuli ya kalau harus gotong royong, hahaaa...

Hari Sabtu ini, cucian saya lumayan banyak. Karena lagi males nyuci manual, pakai mesin cuci aja deh...jadi bisa nyambil beres-beres yang lain. Eemm...tapi walau libur tentunya pagi-pagi saya sudah mandi dong, eh...itu karena saya harus antar keponakan si Hafiz sekolah, kalau si Hafiz gak sekolah sih biasanya saya mandi jam 12, hahaaa....anak gadis kok malas gini ya....

Lagi asik mencuci sambil beres-beres, si Ibu memanggil...

"Ibu mau pergi dulu merewang ke tempat 'Lek Marwan' (tetangga sebelah rumah saya, panggilanya Lek karena orang Jawa...maksudnya Paklek...hehee....)
"Loh ada acara apa disana?" Sahutku kepada Ibu.
"Lek Marwan mau aqiqah cucunya, itu di dapur ada Tulang, Bapak minta dimasak pindang" Ibuku berseru dari ruang tengah, sedangkan saya sedang berada di belakang.
Tulang....iya tulang sapi lah pasti maksudnya, memang tulang apaan??? Hahaaaa....
"Iyaaaa...." teriakku sambil mengeringkan cucian yang sudah selesai bilas di mesin cuci.
Lalu Ibu pergi.

Emmzzz...pindang tulang. Walau jarang memasak, tapi sedikit-sedikit bisa juga loh masak pindang, walau rasanya gak karuan, hahaaa....

Mulai deh meninggalkan cucian, karena pas ngeliat jam, udah jam setengah 11 nih. Langsung saja mencari 'tulang' didapur, ternyata sudah direbus, lalu saya tambahkan lagi airnya satu gayung dan saya naikkan lagi diatas api kompor, kemudian saya membuka kulkas mencari rempah-rempah bumbunya, heheee...

Kali ini masak sambil pegang Hp buat foto...emmzzz....
Setelah buka kulkas, ternyata bumbunya gak lengkap ya, gak ada cung, adanya tomat, gak ada daun kemangi, yowes lah karena malas pergi ke warung sayur, seadanya saja deh.

Langsung saja mengumpulkan rekan-rekan bumbu, bawang merah bawang putih, jahe, kunyit, serai, cabai merah dan cabai rawit, daun salam, dan tomat. Saya nih sebenarnya asal-asalan saja ambil bumbu ini, karena kata Ibu saya, kalau masak pindang itu harus bumbu dapur lengkap, yowes namanya bumbu dapur ya itu tadi, saya kumpulkan, kupas, cuci dan haluskan....tak lupa pula garam dapur ya....
Setelah menghaluskan bumbu, cuci tangan lalu ambil Hp...Jepret....
Sambil menghaluskan bumbu, ternyata rebusan tulang sudah mendidih, sengaja tidak terlalu halus saya menumbuknya dan serai hanya saya memarkan saja. Setelah itu langsung saya masukkan kedalam panci rebusan tulang. 

Bak seorang koki handal nih ya...langsung saja saya tambahkan gula pasir, kecap manis, sedikit air asam jawa, dan saya masukan potongan daun bawang. Lalu saya biarkan mendidih sampai bumbu meresap.
Melihat masakan mendidih di dalam panci, tak lupa ambil Hp lalu Jepret....untungnya Hpnya gak ikut nyemplung...hahaa....
Lebih kurang setengah jam ya, dan sepertinya pindang sudah matang, tapi memang rasanya kurang sedap karena kurang daun kemangi, dan gak tau juga ya kalau pindang tulang dikasih nanas atau tidak, ah...entahlah yang penting tulangnya sudah dimasak, heheee....

Saya kecilkan apinya biarkan agak lama biar bumbunya semakin meresap, kemudian saya melihat di kulkas ada embam (kalau kata saya sih namanya embam, itu sejenis mangga yang bisa dibuat sambal, kalau di daerah lain namanya apa ya???). Langsung saja saya kupas dan iris kecil. Kemudian saya ambil cabai merah, tomat dan terasi lalu saya buat sambal. Saya tambah garam dan gula pasir, saya aduk rata dengan embam yang sudah diiris tadi. Jadi deh sambalnya....
Satu mangkuk pindang tulang buat si Bapak
"Sudah matang belum" tanya si Bapak..
Eh...rupanya sudah jam setengah 12, mungkin Bapak sudah lapar ya.
"Iya sudah...tinggal angkat saja, tunggu sebentar" sahutku.
Sambil membereskan sambal, kemudian menyiapkan lalapan yang sudah saya rebus juga (sawi pahit, kol, kacang panjang) dan mentimun, saya ambilkan satu mangkun pindangnya.
Sambal embamnya sangat menggoda...

Langsung hidangkan, dan sepertinya Bapak sudah menunggu...hehee...
Setelah disajikan, langsung saja Bapak menyantapnya.
Nb...Bapak itu orang paling susah makan loh...dan senangnya.....Bapak nambah lagi makan pindang buatan saya....hahaaa....
Lumayan lah berarti masakan saya lumayan berasa ya, heheee....

Nah...untuk masakan pindang tulang saya ini, saya akan tulis resepnya, maksudnya sih bukan mau ngajarin, karena saya juga masih belajar, heheee..... Apalagi masakan saya kali ini memakai bumbu seadanya, masih belum lengkap. Untuk yang senior masak...ajarin saya dong...

Bahan :
  • 1/2 kg tulang iga sapi 
  • 1 1/2 liter air


Bumbu : 
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 biji cabai merah
  • 10 biji cabai rawit
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 buah tomat (harusnya cung diro...)
  • 2 btg serai
  • 3 lbr daun salam
  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 2 sdm garam kasar (secukupnya)
  • 1 sdm kecap manis (secukupnya)
  • 1 sdm gula pasir (secukupnya)
  • 1 sdm air asam jawa (secukupnya)
  • penyedap rasa (bila diperlukan)
  • Daun kemangi (saya tidak pakai karena tidak ada di dapur saya, heheee...)


Cara memasak :
  • Tulang direbus sampai setengah lunak.
  • Haluskan bumbu, kecuali cabai rawit dan daun salam, batang serai dimemarkan.
  • Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam rebusan tulang.
  • Tambahkan kecap manis, gula pasir, air asam jawa, jika suka penyedap rasa tambahkan sedikit, jika tidak suka tidak mengapa, karena bumbunya sudah cukup gurih kok.
  • Masukkan potongan daun bawang. Biarkan sampai bumbu meresap.
  • Tambahkan daun kemangi.
  • Silahkan dicicipi, jika kurang pas, bisa ditambahkan lagi kurang apa bumbunya.
  • Kalau sudah pas rasanya, angkat dan hidangkan.
Nah itu yang saya masak hari ini. Masih ingin belajar dengan yang lebih jago masak nih...namanya juga belajar...heheee....

Nah..kalau sambal embam nya itu sangat mudah....
Resep saya tadi : 
  • 1 buah embam, kupas lalu iris kecil-kecil.
  • 15 buah cabai merah
  • 1 buah tomat
  • 1 buah terasi (kalau beli di warung yang saset kecil harga 500 rupiah)
  • 1/2 sdt garam (secukupnya)
  • 1 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • Goreng cabai, tomat dan terasi, lalu haluskan
  • Lalu aduk rata bersama irisan embam, jangan lupa garam dan gula pasir.
  • Selesai deh....
Nah...cukup dulu ya cerita masakan saya hari ini...seterusnya saya akan tetap belajar biar pinter masak, heheee....


8 comments:

  1. Dilihat dari penampakannya...kayaknya pindanh tulang ini pasti maknyus, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh ibuk...jangan cuma lihat penampakan nya...heheee....

      Delete
  2. Replies
    1. Hayookk mbak Rini kita makan...heheee.....

      Delete
  3. Huahhh pas banget momentnya. Pagi-pagi dapat resep pindang tulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Anisa...langsung praktek ya...hehee....

      Delete
  4. Wuih resepnya mantab banget, apalagi kalau dimasak pedas. hummm yummy banget mbak.

    ReplyDelete