Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Thursday, 29 October 2015

Donat Kentang Tabur Gula dengan Resep Sederhana

Donat Kentang tabur gula 
Donat...siapa yang tidak mengenal makanan satu ini, dengan bentuknya yang khas yaitu bulat bolong tengahnya, heemmzzz...khas banget kan bentuknya, apalagi anak-anak nih paling inget kalau sebut donat. 

Saya pun, walau bukan anak-anak lagi tetap saja suka sama makanan satu ini, donat. Yah...betul sekali, donat memang disukai semua kalangan, dari anak-anak sampai yang dewasa.  

Malam ini, kok tiba-tiba pengen buat donat ya, padahal badan nih capek tapi pengen banget nih buat donat. Tapi, daripada tidur cepet, coba deh lihat-lihat dulu ada gak bahan untuk buat donat. Yang pertama lihat dulu punya persediaan kentang gak ya? Karena pengen buat donat kentang nih.

Eh rupanya pucuk dicinta ulam pun tiba....lahh kok malah bawak peribahasa ya...hahaa..... Nah, saya temukan kentang (memangnya hilang kemana si kentang kok "ditemukan" hahaa). Langsung saja deh kupas kentang lalu saya rebus, setelah direbus langsung saja saya haluskan. 
Kentang ini sudah direbus
Selanjutnya, siapkan bahan-bahan yang lain, mereka adalah tepung terigu, telur, ragi instan, mentega, baking powder. Lalu saya jadikan dalam satu wadah kemudian saya tambahkan garam dan gula pasir. Dan tak lupa saya siapkan 1 gelas air.
Semua bahan saya jadikan satu termasuk kentang yang sudah dihaluskan
Setelah semua bahan saya campurkan jadi satu, langsung saja saya "uleni" (mengerti ya bahasa uleni, itu loh mengaduk-ngaduk adonan dengan tangan biar semua menyatu rata😀). Setelah  adonan kalis (tidak lengket) langsung saja saya cetak menjadi bentuk donat.
Ini loh donat yang baru saya cetak
Hemmmzzz....sambil membuat donat, sambil sibuk cuci tangan lalu ambil HP buat jeprat jepret, hahaa.....

Setelah selesai mencetak donat, tinggalkan dulu nih sekitar setengah jam biar donatnya ngembang. Emmzz bisa guling-gulingan dulu nih, eits...gak ah nanti malah ketiduran siapa yang goreng donatnya, hehee... 

Sambil guling nih ya sambil utak atik hp...hehee... Nah, sepertinya sudah setengah jam, liat dulu ah donat nya. Wah ternyata sudah mengembang, tapi belum mengembang sempurna sih, aduh tapi udh jam 9 ini dan mata pun udah ngantuk, langsung saja goreng deh....
Setelah didiamkan setengah jam, donat sudah mulai mengembang dan siap goreng.
Dan...akhirnya selesai juga menggoreng donatnya, tapi malas nih mau buat topping nya, yaudah deh tabur gula halus saja, selesai deh... 
Karena malas membuat topping alhasil ditabur gula saja deh.
Wah...sederhana saja ya donat buatan saya, tapi lumayanlah kalau untuk sekedar cemilan, kalau rasa dan empuknya ya lumayan juga, tapi masih sangat jauh bila dibandingkan dengan Dunkin Donut's atau Donat J'CO, hehee...

Well, walau sederhana, saya akan tulis saja resep donat sederhana saya ini, mungkin saja bermanfaat bagi para penggemar donat dan ingin belajar membuat sendiri, tapi kalau untuk para ahli....waduh ini jauh dibawah rata-rata ya...karena ini adalah donat buatan seorang amatir...hehee....

Bahan :
  • 500 gr tepung terigu protein sedang
  • 250 gr kentang
  • 4 butir telur
  • 100 gr mentega
  • 11 gr ragi instan
  • 1 sdt garam halus
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt cake emulsifier (ovalet, sp, atau sejenisnya)
  • 100 ml air dingin
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)
  • 250 gr gula halus (untuk tabur donat)
Cara membuat :
  • Pertama, kupas kentang lalu kukus/direbus, selanjutnya haluskan.
  • Campur semua bahan menjadi satu termasuk kentang yang sudah dihaluskan.
  • Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket ditangan.
  • Cetak adonat menjadi bentuk donat, lalu diamkan lebih kurang 30-40 menit.
  • Setelah donat mengembang, goreng hingga warna kecoklatan lalu angkat.
  • Donat siap dihidangkan dengan bermacam topping misalnya coklat atau meses, namun disini saya hanya mencampur gula halus saja.
  • Selesai.
Nah, itu dia kegiatan saya malam ini, lumayanlah memanfaatkan waktu luang dengan belajar membuat makanan sendiri, selain lebih sehat, makanan buatan sendiri pun dijamin higienis karena kita sendiri yang mengolahnya.

Sekian..dan terima kasih sudah berkenan membaca...

4 comments:

  1. catet dulu ah resepnya, thanks mak

    ReplyDelete
  2. selain pinter nulis ternya Mba Murni pinter masak juga ya.. jadi laper nih melihat penampakan donatnya..makyus ..haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bunda...kalo pinter masak sih belom...hahaa...

      Delete