Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Tuesday, 6 October 2015

Wisata Jawa Tengah

Pantai Suwuk Jawa Tengah

Berbicara tentang travelling, waahh tentunya tidak ada habisnya ya, sungguh sangat menyenangkan jika bisa berbagi cerita seputar travelling

Untuk pertama kalinya saya mengunjungi keluarga di Jawa, tepatnya di Kebumen Jawa Tengah. Jujur saja semenjak dilahirkan sampai saya sebesar ini, baru pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Tanah Jawa dan bertemu dengan keluarga Paman dan Bibi beserta anak-anaknya (adik dari Ibu saya). Sampainya disana saya disambut pelukan dan sambutan dari seluruh keluarga. Suasana tangis haru mereka menyambut kedatangan saya, alhasil saya pun ikut bercucuran air mata, hiks..hiks..... 

Bertepatan dengan hari Lebaran Idul Fitri, untuk pertama kalinya saya merayakan hari raya di Jawa, ditengah-tengah keluarga saudara yang selama ini hanya say hello via telepon. Awalnya saya sempat bingung dan malu karena saya tidak terlalu bisa "boso" (bahasa jawa asli) dan saat yang lain sungkem dengan bahasa jawa yang khas, saya hanya bisa mengucapkan "minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin" (heheee......). 

Lalu saya dikenalkan bahwa saya dari Palembang. "oooo....pantas saja wong Palembang ya, pasti oleh-olehnya empek-empek ya...???
Heheeee....jawab saya ya "nyengir" saja....
Hari pertama Lebaran saya diajak keliling kampung dan dikenalkan kepada semua saudara disana. Wah..wah....ternyata disana adalah keluarga besar saya, baik dari pihak Ayah maupun Ibu saya, kalau bisa dibilang ya.. satu Kelurahan itu saudara semua, hahaaa....kalau pemilihan Kades mungkin saya bisa menang ya....hihiii....

Setelah merayakan hari pertama lebaran dengan silaturahmi, esok harinya saya diajak jalan-jalan oleh saudara saya. Mas Tekno dan Mas Taryo....hehee....nama jawa banget ya.. Mereka adalah anak dari Bibi saya. Kemudian saya diajak ke Pantai Suwuk. Pantai ini terletak 22 km sebelah selatan Gombong dan sekitar 35 km sebelah barat daya Kota Karanganyar, dari Kebumen sendiri sekitar 50 km, sehingga dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menuju Pantai tersebut. 

Pemandangan Pantai Suwuk diatas bebatuan
Pemandangan pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara sampai selatan, dan berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong.Wah saya jadi ingin ke Pantai Karangbolong juga nih, karena untuk kesana hanya perlu menyeberang dengan perahu. Katanya di Pantai Karangbolong itu terdapat Goa sepanjang 30 meter dan didalamnya terdapat sarang burung walet. Namun saya tidak kesana karena hari sudah sore dan akhirnya kami hanya menikmati suasana angin pantai dan terjangan ombak, tapi saya tidak berani berenang loo karena memang tidak diperbolehkan, dan...saya juga kan tidak bisa berenang...heheee....hingga matahari pun telah terbenam dan hari mulai gelap kami pun pulang kerumah.

Keesokan harinya saya kembali diajak oleh saudara saya untuk jalan-jalan.
"Kemana...??" Tanyaku pada Mamas ku..
"Sudah...ikut saja...." kata Mamas ku.
Akhirnya setelah 15 menit perjalanan, ternyata kami sampai di pantai lagi. Kata Mamas ini namanya Pantai Petanahan, dan juga ini yang namanya Pantai Laut Selatan. Ooooo....jawab saya singkat.

Pantai Petanahan (Pantai Laut Selatan)

Di Pantai ini sungguh sangat terasa deburan ombak yang sangat kencang, dan saya dapat menyaksikan hamparan laut selatan yang seolah tak ada batasnya. Nah sebelum berangkat ke Pantai ini nih, saya diperingatkan untuk tidak memakai baju warna hijau, loh....memangnya kenapa??? Itu sih mitos katanya kalau pakai baju warna hijau nanti nisa dibawa sama Nyi Roro Kidul...heheee...
Percaya gak percaya sih tapi saya menurut saja, daripada nanti saya gak bisa pulang, hihiii...... 
Di Pantai ini saya sempat naik kuda loh...untuk pertama kalinya walau agak takut tapi saya memberanikan diri untuk "nunggang" kuda...hehee.....

Naek Kuda di Pantai Petanahan


Hari berikutnya saya diajak lagi jalan nih, kali ini tujuan ke Benteng Van Der Wijck. Wah...begitu mendengar Van Der Wijck, yang terfikir dalam hati saya adalah "Belanda". Benar sekali nih....!!
Sampainya disana saya melihat ada bangunan tua yang berdiri tinggi dan kokoh menyerupai sebuah benteng, mungkin seperti jaman perang kali ya...hehee. Menurut sejarah, benteng ini dibangun oleh Van der Wijck, seorang perwira Belanda yang bertugas di Jawa Tengah pada tahun 1818. Benteng berlokasi di daerah Gombong. Benteng berlantai dua setinggi kira-kira 10 meter. Terdapat banyak ruangan besar dan ruangan kecil, katanya dahulu benteng ini menjadi benteng pertahanan Hindia Belanda, kemudian menjadi penjara bagi para pengikut Diponegoro, lalu menjadi tempat persembunyian PKI dan sekarang dilestarikan oleh Pemda menjadi tempat wisata (itu versi cerita yang saya dapat loh, heheee....).

Foto dengan siapa ini ya....Kolonial Belanda, hehee...


ada Teletubbies di Taman Wisata Benteng Van Der Wijck
Banyak wahana permainan di Benteng ini, diantaranya ada permainan kereta api, waterboom, kuda, dan lain sebagainya. Saya sempat naik bebek juga nih...hehee....
Benteng Van Der Wijck

Naik Bebek Renang bersama keponakan di Benteng Van Der Wijck

Hari selanjutnya saya diajak jalan lagi nih yaitu ke Goa Jatijajar. Waduh....tapi saya lagi mencari-cari dokumentasi saat di Goa ini tapi belum ketemu nih, hehee... Goa Jatijajar keseluruhannya terbentuk dari kapur, dan di dalamnya terdapat tujuh sungai atau disebut sendang, namun hanya ada empat sungai yang mudah dicapai diantaranya sungai Mawar dan Kantil (itu nama sungainya....). Konon katanya jika kita cuci muka dengan air sungai tersebut maka keinginan kita akan tercapai, aahhh.....itu mitos saja, hehee.... Karena saya juga ikut-ikutan...tapi saya minta apa waktu itu ya....???
Aahh...jangan percaya hal yang begitu deh, keinginan dan cita-cita tentunya akan bisa dicapai jika kita berusaha dan kerja keras untuk meraihnya, bukan dengan hanya cuci muka lalu "cling" keinginan dikabulkan..... hahaaa....macam iklan saja ya....

Kolam di Goa Jatijajar
Nahh...akhirnya panjang juga ya cerita saya jalan-jalan ini. Uuuhh tapi rasanya masih belum puas ya, karena kata saudara saya masih banyak tempat wisata yang belum dikunjungi. Aduh...tapi waktu liburan saya sudah habis dan saya harus kembali ke Palembang nih. Ya udah deh, next time....mungkin saya bisa mengulang jalan-jalan lagi bersama keluarga ya,..

Sukses dan tetap lestarikan budaya dan pariwisata......!!

2 comments:

  1. Baru sekali ke Palembang tapi nggak kemana-mana karena cuma sehari, jajan doang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Lusi...wah lewat aja dong...hehee....next jalan-jalan yox ke Palembang....

      Delete