Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Thursday, 3 December 2015

Bolu Kojo Resep Sederhana ala Chef Uni

Bolu Kojo Resep Sederhana
Bolu Kojo...yeaahh...semua pemirsa pastinya sudah tau ya dengan makanan yang satu ini.  Katanya nih ya, bolu kojo ini makanan khas Sumatera Selatan, khususnya daerah ibukota Palembang. Hemmzzz...memang benar sih, saya sebagai warga Palembang sangat sering menjumpai hidangan bolu kojo ini, apalagi jika ada acara-acara tertentu, tidak ketinggalan penampakan bolu kojo ini.

Bolu kojo dengan ciri khas berwarna hijau memiliki tekstur lembut, yang pastinya salah satu bahannya adalah santan dan juga rasa alami dengan memakai air daun suji atau daun pandan, dan tentunya tidak membutuhkan bahan pengembang atau bahan pelembut kue ya.

Hemmmzzz...omong-omong tentang bolu kojo nih, malam ini jadi pengen buat bolu kojo. Saat melihat ke dapur...eehh tenang saja ternyata si Ibu baru saja memasak santan, setelah saya tanya untuk apa santan nya? Gak buat apa-apa, cuma buat persediaan saja...jawab Ibu saya. Yowess...capcuss saja deh pergunakan santan untuk membuat bolu kojo.

Sebenarnya sih saya belum terlalu bisa untuk membuat kue, tapi ya belajar saja lah ya, semua orang pasti bisa toh asal ada kemauan untuk belajar??? Yeaaahh...betu dong ya....hehee...

Meskipun badan capek dan mata udah 5 watt...tapi semangat untuk membuat bolu kojo mengalahkan segalanya, ciee ileee.....

Langsung saja menyiapkan peralatan dan bahan keperluan bolu kojo. Hemmzzz...karena hari sudah malam ya, langsung saja deh saya menulis resepnya, tapi ini resep saya pribadi ya, masih sangat sederhana, karena cuma buat cemilan keluarga saja dan belum untuk dipasarkan...heheee....
Adonan siap dimasukan baking pemanggang
Bahan-bahan :

  • 4 butir telur
  • 250 gr gula pasir 
  • 300 gr tepung terigu
  • 100 ml minyak goreng (bisa diganti margarin)
  • 500 ml santan
  • 15 ml pasta pandan (jika ada air daun suji/daun pandan)
  • 1 sdt garam halus 

Siap dipanggang hingga matang...
Cara membuat :

  • Telur, garam dan gula pasir dikocok sebentar, tidak perlu sampai mengembang.
  • Masukkan pasta pandan, santan dan minyak goreng, aduk rata.
  • Masukkan tepung terigu dan aduk perlahan hingga rata.
  • Siapkan pemanggang dan masukkan adonan tadi ke dalam alat pemanggang.
  • Panggang dengan api kecil sekitar 1 jam (karena jika api terlalu besar akan menyebabkan gosong dan juga belum matang dibagian tengahnya)
  • Sebelum diangkat, coba di cek dulu ya...dan pastikan kalau bolunya sudah matang.
  • Selesai...hidangkan deh....

Saya memakai baking pemanggang ini, bisa dilihat perkembangan bolunya ya...hehee...
Nah pemirsa...itulah hasil kerjaan saya malam ini, lumayan lah buat cemilan besok pagi ya... Resep yang sangat sederhana bukan?? Tidak memerlukan bahan yang berlebihan, dan cara membuatnya juga sangat mudah dan gampang. 

Udah dulu ya...mata ini gak bisa diajak kompromi lagi nih...istirahat dulu ya...selamat malam...bubyee....

15 comments:

  1. Lumayan nih buat dimakan pas hujan-hujan. Hm ... disanding dengan teh hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak Anisa...buat cemilan apalagi di musim hujan sekarang ini ya, hehee...

      Delete
  2. Maaf dear, itu tulisan love you yang keliling sana-sini bikin gak nyaman liat tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, itu kemarin coba2 buat script html, ee rupanya mau mengembalikan ke awal kesusahan, maklumlah blogger pemula nih, hehee.... makasih saran nya mbak Anisa sangat berguna bagi saya, segera akan saya perbaiki...

      Delete
  3. Wah...mantap nih... Bolu Kojo ini kesukaanku.. Chef Uni pinter masak ya, xixi... Pengen dibuatin juga nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiihh bunda suka juga bolu kojo...boleh..boleh...nanti chef Uni buatkan ya...hehee...

      Delete
    2. Aiihh bunda suka juga bolu kojo...boleh..boleh...nanti chef Uni buatkan ya...hehee...

      Delete
  4. saya paling suka bolu, karena mempergunakan sedikit telur dan rasanya tidak terlalu berat dibanding cake. Oke saya catet ya resepnya

    ReplyDelete
  5. Iya mbak een..saya juga suka bolu, hehee...makasih atensinya mbak...

    ReplyDelete
  6. Iya mbak een..saya juga suka bolu, hehee...makasih atensinya mbak...

    ReplyDelete
  7. Kalau tidak ada pemanggang, bisa pakai wajan atau panci gak mba? mau coba-coba buat tapi gak ada pemanggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pakai wajan, bisa juga sih, jadinya kayak serabi gitu, pakai api kecil aja..

      Delete
    2. Kalo pakai wajan, bisa juga sih, jadinya kayak serabi gitu, pakai api kecil aja..

      Delete
  8. Wah...mantap nih... Bolu Kojo ini kesukaanku.. Chef Uni pinter masak ya, xixi... Pengen dibuatin juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak vani....ayoo kita buat bolu kojo nya... xixii...

      Delete