Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Saturday, 27 February 2016

WASPADALAH!!! DBD mengintai keluarga kita di musim penghujan ini!

Nyamuk penyebab DBD yaitu Aedes Aegypti

WASPADALAH.......WASPDALAH.......!!!
Eh waspada kenapa nih?? 
Waspada dengan penyakit musiman di musim penghujan yaitu Demam Berdarah Dengue atau yang biasa dikenal dengan "DBD".

Iyuuhh...kenapa nih kok nulis tentang DBD?? Iya nih karena baru saja keponakan kesayangan ku si Hafiz terkena DBD dan sekarang sedang dirawat di Rumah Sakit.

Lohh...kok bisa kena DBD??
Dokternya cantik deh, ini baru di IGD RSI Siti Khodijah Palembang
Iya nih, seminggu yang lalu, Hafiz demam panas, lalu kami bawa ke dokter. Sehari setelah dibawa ke dokter dan minum obat, ternyata panasnya masih tinggi. Selasa malam kami membawa Hafiz ke RSI. Siti Khodijah Palembang. Sampainya disana, langsung dicek dokter, dokter menyarankan untuk tes labor, dan kami menurut saja. Setelah ambil sample darah,, Hafiz di infus, dan kami harus menunggu sekitar 2 jam untuk mengetahui hasil tes lab-nya. 

Setelah menunggu sekitar 2 jam, arlojiku sudah menunjukkan jam 12 malam dan dokter memanggil lalu menjelaskan hasil tes lab-nya kepada ku. Dokter menjelaskan bahwa hasilnya masih negatif untuk typus dan untuk DBD juga masih negatif, tapi dokter mengatakan bahwa sekarang masih tahap waspada untuk DBD dengan nilai trombosit 174, dan dalam waktu 2 hari lagi masih ada kemungkinan trombosit turun lagi.
Ngantuk, fotoin suster nya aja ya....hihiii....
Malam itu Dokter mengatakan kalau Hafiz mau, dirawat saja sambil menunggu waktu 2 hari, tapi jika ingin pulang juga diperbolehkan hanya saja harus banyak minum air putih dan jus jambu, ditambah lagi akan diberikan obat dengan resep. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang saja karena kami fikir akan baik-baik saja setelah minum obat. Setelah dilepas infus, akhirnya kami pulang.
Masih sangat lesu, dan badan masih panas tinggi
Pagi harinya, Hafiz panas tinggi lagi. Aku menelpon ayuk, Ibunya Hafiz (Hafiz tinggal bersama kami, tante nya, dan kakek nenek, orang tua Hafiz berada di Sanga Desa, Musi Banyuasin karena bertugas disana, Ayahnya seorang PNS dan Ibunya Bidan, sekitar 5 jam perjalanan jarak tempuh ke Palembang). Pagi itu Hafiz panas tinggi dan muntah, dan kami minumkan obat resep dokter dan jus jambu.

Sore hari, Ayah dan Ibunya Hafiz sampai dirumah kami. Keesokan harinya, kami memutuskan untuk membawanya kembali ke Rumah Sakit terdekat yaitu RS. MYRIA Palembang. Disana kembali dilakukan tes labor. Hasil tes labor selesai, dan....suspect DBD. Iyah....terpaksa harus di opname.....
Udah mulai baikan, sudah bisa senyum ketawa....
Awalnya kaget juga sih, kok bisa kena DBD. Flashback aku ingat-ingat, apakah aku kurang menjaga kebersihan rumah, atau terlalu banyak genangan air dirumahku, atau...atau.... banyak pertanyaan lah. Setelah cerita dengan teman kantor, teman kantor bilang, itu pasti kena di sekolah, belum tentu kena dirumah. Setelah aku pikir lagi, benar juga ya, di sekolah. Sekolah Hafiz memang terlalu banyak nyamuk. Pernah sewaktu mengantar sekolah dan berdiri baru sebentar, lenganku sudah bentol-bentol digigit nyamuk. Apalagi nyamuk DBD kan ber"operasi" di pagi hari, sekitar jam 9-10, nah di waktu itu anak-anak sedang berada di Sekolah.
Senangnya Hafiz, ditungguin Ibunda dan adiknya "Dzaki"

Iyah mau gimana lagi, semua sudah terjadi. Aku menghubungi guru sekolah, mengatakan jika Hafiz dirawat karena DBD, dan aku menyarankan agar Sekolah di fogging sehingga tidak akan terjadi lagi pada siswa yang lain.

Semoga cepat sembuh ya kesayangan tante...biar bisa main lagi sama tante.

Pesan buat para bunda yang mempunyai anak sekolah nih, karena sekarang musim penghujan dan banyak wabah DBD, menurut saya akan lebih baik jika sewaktu sekolah ananda dibekali atau dipakaikan lotion anti nyamuk, yah....mencegah akan lebih baik daripada mengobati kan......

Oke deh...., sekian dulu ya dan terima kasih....

8 comments:

  1. Duh... Hafiz positif kena DBD ya Murni? Semoga lekas sembuh ya.. Buat tantenya nih beliin iwak tempalo yang makan jentik2 itu lho.. sekalian buat Hafis main kalo dah sehat nanti, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda...Hafiz DBD, udah sering beli iwak tempalo, kadang Hafiz juga suka belinya, tapi kalau sudah dimasukin ke kamar mandi cuma bertahan 1 minggu lalu mati...makasih ya bunda doanya...

      Delete
  2. Memang sekarang ini DBD sedang berjangkit ya Mba di kota Palembang.. Kudu hati2 sih bila demam 3 hari gak turun2 lekas2 ke dokter.. Cepat sembuh ya Hafiz kesayangan tantenya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, harus waspada jika anak atau kita demam panas 3 hari harus lekas ke dokter, makasih mbak doanya...

      Delete
  3. waduh, semoga cepat sehat ya..nyamuknya ganas2 kalo musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kania, nyamuknya ganas2 nih, makasih mbak doanya...

      Delete
  4. cepat sehat ya... lagi musim, ini suami aja hampir tiap minggu dapat orderan untuk foging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak...bener lagi musim DBD ini, harusnya fogging serentak ya untuk pencegahan...

      Delete