Winnie The Pooh

Menulis memang menyenangkan, bisa berbagi cerita dan pengalaman, informasi dan info kejadian sekitar.

Monday, 29 February 2016

WASPADALAH!!! DBD mengintai keluarga kita dimusim penghujan ini (Lanjutan)

Setelah cerita sebelumnya bahwa keponakanku si Hafiz terkena DBD, dan sampai sekarang Hafiz masih dirawat di Rumah Sakit. Aku jadi ingin tau tentang DBD nih, Googling ah....

Ringkasnya, dapat beberapa materi nih, check it out....

Demam berdarah dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue. Sejumlah gejala dari demam dengue adalah demam, sakit kepala, kulit kemerahan yang tampak seperti campak, dan nyeri otot dan persendian. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Tanda dan Gejala
Sekira 80% dari pasien (atau 8 dari 10 pasien) yang terinfeksi virus dengue tidak menunjukkan gejala, atau hanya menunjukkan gejala ringan (seperti demam biasa). Sekira 5% dari orang yang terinfeksi (atau 5 dari 100) akan mengalami infeksi berat. Gejala akan muncul antara 3 dan 14 hari setelah seseorang terpajan virus dengue. Seringkali gejala muncul setelah 4 hingga 7 hari. Oleh karena itu jika seseorang baru kembali dari wilayah yang memiliki banyak kasus dengue, kemudian ia menderita demam atau gejala lainnya setelah lebih dari 14 hari dia kembali dari wilayah tersebut, kemungkinan penyakitnya tersebut bukan dengue.

Seringkali, apabila anak-anak terkena demam dengue, gejala yang muncul sama dengan gejala pilek atau gastroenteritir (flu perut; misalnya, muntah-muntah dan diare. Namun, anak-anak mungkin mengalami masalah yang parah karena demam dengue.

Penyebab
Demam dengue disebabkan oleh virus dengue. Dalam sistem ilmiah yang menamakan dan mengklasifikasikan virus, virus dengue tersebut merupakan bagian dari famili Flaviviridae dan genus Flavivirus

Penularan
Dengue virus ditularkan (atau disebarkan) sebagian besar oleh nyamuk Aedes, khususnya tipe nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk-nyamuk tersebut lebih sering menggigit pada siang hari. Satu gigitan dapat menginfeksi manusia.

Resiko
Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi dan anak kecil yang menderita dengue lebih berisiko mengalami infeksi yang serius. Anak-anak cenderung berisiko mengalami sakit berat apabila mereka tergolong anak-anak yang berkecukupan gizi (jika mereka sehat dan memakan makanan bergizi). (Ini berbeda dari banyak infeksi lainnya, yang biasanya lebih parah terjadi pada anak-anak yang termasuk golongan kurang gizi, tidak sehat, atau tidak memakan makanan bergizi.) Perempuan lebih cenderung terserang sakit yang lebih parah daripada laki-laki. Dengue bisa mengancam jiwa pada pasien dengan penyakit kronis (jangka panjang), seperti diabetes dan asma.

Pencegahan
Beberapa tindakan khusus untuk mengendalikan dan menghindarkan gigitan nyamuk "Aedes aegypti” adalah dengan menyingkirkan habitatnya. 

Masyarakat harus mengosongkan wadah air yang terbuka (sehingga nyamuk tidak dapat bertelur di dalam wadah-wadah terbuka tersebut). Insektisida atau agen-agen pengendali biologi juga dapat digunakan untuk mengendalikan nyamuk di wilayah-wilayah ini. 

Air diam (tidak mengalir) harus dibuang karena air tersebut menarik nyamuk, dan juga karena manusia dapat terkena masalah kesehatan jika insektisida menggenang di dalam air diam. 

Untuk mencegah gigitan nyamuk, orang-orang dapat memakai pakaian yang menutup kulit mereka sepenuhnya. Mereka juga dapat menggunakan anti nyamuk (seperti semprotan nyamuk), lotion anti nyamuk, yang membantu menjauhkan nyamuk. Orang-orang juga dapat menggunakan kelambu saat beristirahat.

sumber dari : wikipedia

Nah, itulah sekilas hasil googling ku, ah...tapi rasanya masih kurang banyak ya belajar nya, tapi mungkin lain waktu bisa nyambung lagi ya belajarnya, hehee....

Segini dulu deh ya, tetap jaga kebersihan...dan tetap WASPADA....!!!


4 comments:

  1. Ihh...serem banget ya Mba dampat tekena DBD.. bahkan bisa mematikan kalau terlambat penanganannya ya..,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda, serem banget, jadi kudu jeli dan hati2 jika sudah terjadi gejala, jangan sampai terlambat..

      Delete
  2. Benar sekali Mba..kudu menyingkirkan habitat agar nyamuk aedes gak berkembang biak.. Salah satunya beli iwak tempalo ya agar memakan njentik2 yang berada di dalam bak mandi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali mak, iwak tempalo juga sangat membantu, krn bisa memakan jentik2 nyamuk..

      Delete