Winnie The Pooh

Tuesday, 24 September 2019

ASI Eksklusif, makanan terbaik untuk si Kecil

Usia si kecil sekarang sudah lima bulan. Alhamdulillah sebentar lagi lulus ASI Eksklusif. Bukan hal yang mudah untuk memberikan ASI sementara saya bekerja. Alhasil harus selalu siap alat pumping saat bekerja. Saat dikantor, saya selalu menyempatkan untuk pumping. Meskipun repot karena harus membawa tas ASI yang berisikan alat pumping, botol asi dan ice gel nya, saya tetap semangat karena demi memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Sebisa mungkin saya mengatur waktu dan menyempatkan untuk melakukan pumping. Saya melakukannya setiap dua jam sekali, namun jika sedang sibuk bisa empat jam baru pumping.
Dimanapun dan kapanpun harus bisa pumping
Saya harus tetap semangat, karena ada banyak sekali manfaat ASI eksklusif. ASI adalah makanan sempurna untuk bayi, terlebih jika diberikan secara eksklusif selama 6 bulan. Selain ASI, tidak ada makanan lain yang cocok diberikan pada bayi sampai usianya 6 bulan. Pemberian ASI secara eksklusif adalah sarana yang tepat untuk menjalin ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi. Selain itu, ada berbagai manfaat ASI yang bisa didapatkan yaitu :
  • Mencegah bayi menderita alergi. Pemberian susu formula, susu sapi, atau susu kedelai pada bayi rentan membuat bayi mengalami reaksi alergi.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi. Pemberian ASI dapat meningkatkan perkembangan kognitif bayi.
  • Melindungi bayi dari obesitas. ASI eksklusif yang diberikan pada bayi dapat menurunkan risikonya untuk mengalami kegemukan saat ia remaja atau dewasa.
  • Menyusui membantu ibu menurunkan berat badan yang meningkat selama kehamilan.
  • Membantu meningkatkan kontraksi rahim, mengurangi perdarahan, dan mengembalikan ukurannya seperti semula setelah kehamilan. Ini karena menyusui meningkatkan produksi hormon oksitosin yang mendukung hal-hal tersebut.
  • Menurunkan risiko ibu mengalami depresi postpartum atau depresi pasca melahirkan.
Tas ASI yang selalu siap dibawa kemanapun
Melihat begitu banyak manfaatnya, ASI eksklusif adalah makanan sekaligus minuman terbaik untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan. Jadi, sebaiknya jangan sia-siakan masa emas pemberian ASI ini untuk si kecil. Ayoo...semangat para bu ibu yang sedang menyusui...kita semua pasti bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Semangat.....!!

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung...