Winnie The Pooh

Wednesday, 19 August 2020

Rayakan Pekan ASI 2020 bersama Herba ASIMOR

Hallo Mamsi.... sudah tau belum kalau setiap tanggal 1-7 Agustus dunia internasional memperingati World Breastfeeding Week atau Pekan ASI sedunia. Hal ini merupakan cara WHO dan UNICEF mendukung ibu menyusui diseluruh dunia.

Menyusui merupakan anugerah bagi ibu dan juga bayinya. Fenomena alamiah ini memiliki manfaat kesehatan jangka panjang bagi ibu dan anak. Tidak hanya membantu pertumbuhan fisik dan mental anak, ASI juga memberikan kekebalan pada ibu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu baru yang menyusui secara eksklusif memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara, kanker ovarium, diabetes, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan osteoporosis di kemudian hari. Melewati fase laktasi bisa menjadi masalah terbesar bagi para ibu di masa depan yang meningkatkan risiko mereka terhadap banyak kanker dan penurunan kepadatan tulang.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pekan ASI berlangsung di masa pandemi covid-19 sehingga tidak sedikit ibu yang khawatir bayi mereka terkena virus tersebut.

Tanpa mengabaikan adanya virus covid-19 tersebut, para ibu tetap bisa menyusui bayinya sambil tetap menjaga kebersihan. Dengan mematuhi protokol kesehatan, disarankan para ibu selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh bayi, membersihkan dan mendisinfeksi permukaan secara teratur.
 
Nah para Mamsi...bagaimana sih pengalaman mamsi saat pertama kali melihat baby-nya??
 
Melihat baby lahir ke dunia dan bisa melihat wajahnya yang selama 9 bulan 10 hari berada dalam kandungan, rasanya tentu sangat luar biasa dan tak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Rasa sakit yang dirasakan saat melahirkan seketika hilang setelah melihat baby lahir dengan selamat, semuanya sempurna dan bisa mendengar suara tangisannya.

Dua kali melahirkan, Alhamdulillah kedua bayi saya bisa mendapatkan ASI Eksklusif. Hanya saja, pada kelahiran yang pertama ada kendala dengan IMD, saat itu ASI tidak langsung keluar. Untungnya para penolong persalinan dengan sabar dan telaten mengajari stimulasi agar ASI bisa keluar. Akhirnya pada hari ketiga ASI pertamaku keluar. Setelah ASI keluarpun rasanya belum habis perjuangan, karena harus merasakan sakitnya puting lecet dan bengkak..mau nangis rasanya setiap mau menyusui..hiks..hiks..Tapi itulah nikmatnya dan indahnya perjuangan seorang ibu.
 
Hari berganti hari, waktu begitu cepat berlalu. Menyusui menjadi hal yang menyenangkan walaupun penuh tantangan karena harus merasakan sakit puting lecet, bengkak dan harus bangun tengah malam terkadang begadang sampai pagi karena bayi rewel. Namun disaat melihat baby menyusu sampai kenyang dan tertidur pulas, rasa sakit dan lelah tergantikan dengan rasa bahagia dan bangga karena telah menjadi seorang ibu dan bisa memberikan ASI untuk si buah hati. Namun karena karena ASI yang keluar tidak terlalu banyak, bayi saya berhenti menyusu dengan sendirinya di usia 14 bulan.

Belajar dari pengalaman kelahiran pertama, saya mengerti akan pentingnya IMD. Maka dari sejak kehamilan yang kedua saya sudah mempersiapkan untuk IMD. Alhamdulillah pada saat kelahiran yang kedua langsung skin to skin dan ASI langsung keluar sehingga proses IMD menjadi lebih mudah.
 
Apa Itu IMD dan Apa Manfaatnya?

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah proses pemberian ASI kepada bayi yang baru lahir dengan meletakkan bayi di atas perut atau dada ibu agar bayi mencari sumber ASI dan menyusu. Ketika dijalankan, IMD akan memberikan beberapa manfaat baik kepada ibu dan bayi.

Manfaat untuk bayi adalah:  

  • Bayi akan mendapat kolostrum atau ASI pertama yang dihasilkan oleh ibu. Susu ini kaya akan sel imun dan antibodi sehingga dapat meningkatkan daya tahan bayi. 

  • Bayi akan dapat menjalankan ASI eksklusif dengan lebih baik.  

  • Bayi akan mendapat perhatian dan kasih sayang dari ibu.  

  • Menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat.

  • Bayi akan menjadi lebih tenang karena berada di dalam dekapan ibu.

Manfaat untuk ibu adalah:

  • Memberikan kebahagiaan bagi ibu dalam menyambut buah hati.
  • Keberhasilan pemberian ASI eksklusif kepada bayi meningkat.
  • Rangsangan bayi ketika menyusu akan meningkatkan pembentukan hormon oksitosin yang berguna untuk menghasilkan ASI, menenangkan ibu, dan meningkatkan kontraksi rahim yang membantu proses lahirnya ari – ari dan mengurangi perdarahan setelah melahirkan.
  • Ibu akan dapat langsung memberikan perhatiannya kepada anak setelah proses persalinannya
Berulang-ulang, di setiap tahunnya WHO dan UNICEF juga mengingatkan tentang rekomendasi pemberian ASI dengan cara terbaik, diantaranya : 
  • Inisiasi Menyusui Dini (IMD) maksimal satu jam setelah bayi lahir
  • ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupan bayi
  • Melanjutkan pemberian ASI hingga bayi berusia setidaknya dua tahun dengan pengenalan sumber nutrisi lainnya dalam bentuk makanan padat yang aman sejak usia bayi 6 bulan.
Nah....Alhamdulillah si adek sekarang yang usianya sudah setahun masih lancar ASI, dan untuk memperlancar produksi ASI, saya mengonsumsi Herba ASIMOR. Mudah-mudahan si adek bisa lulus ASI sampai usia 2 tahun ya....Aamiin...

Beberapa kondisi yang bisa menurunkan produksi ASI : 
  • Payudara tak berkembang selama hamil
  • Payudara asimetris
  • Jaringan payudara tidak cukup (hypoplasia)
  • Penyakit Tiroid
  • Obesitas
  • Diabetes Melitus
  • Infertilitas
  • Operasi Gastric bypass
  • Penyakit PCOS (Polycystic Ovarian Syndrom)
  • Operasi Payudara
  • Kehilangan darah dalam jumlah besar
  • Retained Placenta
  • Obat-obatan (misalnya estrogen-containing birth control, pseudoephedrine).

Tips untuk meningkatkan produksi ASI :

  • Pompa ASI tiap kali biasanya bayi makan (minimal 8 kali/24 jam, atau tiap 2-3 jam)
  • Istirahat atau tidur yang cukup
  • Jika ASI keluar, pompa sampai tetesan terakhir dan pastikan sudah tidak ada ASI yang keluar.
  • Jika bayi dirawat di RS, tetap lakukan kangaroo care (skin to skin) sesering mungkin
  • Jaga kesehatan ibu, makan makan gizi cukup, minum cukup, istirahat cukup dan hindari stres
  • Bila perlu, bisa menggunakan galactogogue atau agen galactogenic untuk meningkatkan produksi ASI
Herba ASIMOR
 
Dalam rangka merayakan Pekan ASI 2020, Herba ASIMOR sangat mendukung IMD.

Survei di Indonesia: 38% ibu berhenti memberikan ASI karena kurang ASI. Proporsi IMD 58.2%. Sedangkan faktor kesulitan produksi ASI diantaranya adalah Psikologi Ibu dan kurangnya Nutrisi. Banyak tanaman tradisional bersifat Galactogogue yang dapat meningkatkan produksi ASI seperti daun Katuk (Sauropus androgynus) dan Torbangun (Colecus amboinicus Lour).
 
Galactogogue adalah zat yang digunakan untuk menstimulasi, mempertahankan dan meningkatkan produksi ASI. Zat atau obat yang bersifat Galactogogue disebut Galactogenic.  
 
Herba ASIMOR terbuat dari 3 bahan alami yang aman dan terbukti untuk memperlancar ASI. Tiap kaplet salut selaput mengandung ekstrak herbal katuk (Sauropus androgynus) & torbangun (Coleus amboinicus Lour) 300 mg, dan fraksi ikan gabus (Channa striata) 30 mg.

 
 

Herba ASIMOR sangat aman digunakan karena :
  • Kombinasi Galatonol dan Striatin adalah herbal asli Indonesia
  • Aman digunakan jika sesuai anjuran
  • Sudah tersertifikasi Halal dari MUI
  • Sudah terbukti dengan uji pra klinis mampu meningkatkan hormon oksitoksin dan hormon prolaktin yang dapat meningkatkan produksi ASI dan memperlancar pengeluaran ASI
  • Mempercepat penyembuhan luka operasi cesar dan mempercepat pemulihan pasca melahirkan.
 
 Herba ASIMOR membantu melancarkan ASI dan membantu meningkatkan produksi ASI
  • Dapat meningkatkan hormon oksitosin dan hormon prolaktin
  • Peningkatan produksi ASI terbukti dirasakan sejak hari ke 2 setelah penggunaan Herba ASIMOR
  • Volume ASI pada saat pumping meningkat dan waktu yang dibutuhkan untuk pumping lebih sedikit
  • Kualitas tidur bayi meningkat (lebih mudah tidur setelah pemberian ASI yang cukup)

Tetap semangat mengASIhi ya para Mamsi, kalau ASI sedikit jangan khawatir dan stres dong, kan ada Herba ASIMOR... dan jangan lupa...
  • ASI adalah nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. 
  •  HerbaASIMOR adalah produk herbal untuk membantu melancarkan ASI, satu-satunya yang terbuat dari kombinasi 2 tanaman asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun + ikan gabus, dalam bentuk bioactive fraction, yang dapat membantu melancarkan produksi ASI.
  • HerbaASIMOR terbukti meningkatkan kepuasan ibu terhadap produksi ASI.
Yuk...para mamsi ikutan berbagi cerita pengalaman pertama melihat baby, caranya untuk join bisa kunjungi webnya asimor.co.id
 
Untuk pemesanan Herba ASIMOR bisa langsung saja disini ya ..... dan ada diskon 10% kalau Mamsi gunakan kode voucher GOAPMOMS.
 
Selamat Pekan ASI 2020 untuk para Mamsi di seluruh dunia........ 

14 comments:

  1. Wahh makasih mba buat sharing nya, aku jadi punya persiapan buat kedepannya kalau udah punya anak ��

    ReplyDelete
  2. Aku belajar dari teman-temanku yang minum ASI Booster seperti Herba Asimor ini memang bermanfaat untuk kelancaran ASI. Karena harapan semua Ibu-ibu untuk bisa memberikan ASI selama dua tahun penuh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nina..terkadang minum pelancar ASI itu perlu, apalagi yang ASInya hanya cukup seperti aku ini :)

      Delete
  3. Wahh jadi tau tentang seluk beluk asi nih aku 🤭 bisalah buat bekal nanti kalo sudah jadi ibu
    Makasih mba murni sudah share infonya tentang asi

    ReplyDelete
  4. Herba pastinya gak meragukan lagi ya Mam. MengASIhi selalu perlu penguatan, termasuk menginsumsi suplemen menyusui. Semoga selalu sehat dan lancar menyusui bersama herba asimor.

    ReplyDelete
  5. Menyusui itu bagian dari masa 1000 hari pertama kehidupan anak. Ibu-ibu harus atur asupan amaknan dan vitamin juga ya mba supaya ASInya lancar dan. baik. Sekarang ada ASI Bosster juga. Aku infoin ah ke keluarga yang masih ada balita. Salam mba Murni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak..asupan makanan dan vitamin juga penting untuk kelancaran ASI.

      Makasih mbak Elly sudah berkunjung, salam kembali...

      Delete
  6. Biar ASI lancar emang butuh effort juga...Hati senang, makanan sehat, dan ASI Booster seperti Herba Asimor...Kadang pas seret gitu emang bikin pusing sih...Ada ASI Booster bisa bikin aman kuantitas ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman sekarang mah udah gampang ya mbak, udah ada ASI Booster jadi gak perlu pusing lagi kalo ASI gak lancar..

      Delete
  7. ASI adalah hak buat bayi
    memang nian harus diusahakan dulu
    mulai dari makan katu sampe herba yang bisa mendukung
    namun men dak keluar jugo, jangan dijudge ibunyo
    kasihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi setiap ibu beda-beda ya kak, kadang memang karena suatu hal ada ibu yang tidak bisa menyusui bayinya. Yang terpenting adalah kesehatan ibu dan bayinya ya kak...

      Delete

Terima kasih telah berkunjung...