Winnie The Pooh

Wisata Religi

Saat jalan-jalan ke Kota Jakarta dan singgah di Masjid Istiqlal.

Pantai Mutun Lampung

Study Tour bersama teman kampus ke Lampung

Wisata Religi

Ziarah ke makam Almarhum UJE

Wisata Religi

Singgah ke Masjid Istiqlal Jakarta

Wisata Religi

Masjid Kubah Emas

Pulau Kemaro

Prasasti Legenda Pulau Kemaro

Masjid Cheng Ho Palembang

Arsitektur Cina yang melekat pada Masjid Cheng Ho Palembang seakan-akan saya berada di Negeri Cina

Asrama Haji Lampung

Sewaktu Study Tour ke Lampung menginap di Asrama Haji Lampung

Pulau Kemaro

Gerbang masuk menuju Pulau Kemaro Palembang

Pantai Mutun Lampung

Indahnya pemandangan Pantai Mutun Lampung

Kenangan Teman Kuliah

Indahnya kebersamaan bersama teman kuliah, masa-masa yang tak terlupakan

Jalan-Jalan

Dermaga Pelabuhan Tanjung Api-api

Jalan-Jalan

Foto Ramai-ramai di Dermaga Pelabuhan Tanjung Api-api

Jalan-Jalan

Dermaga Penyeberangan menuju Pulau Pahawang

Holiday

Serunya bermain banana boat di Pantai Clara Bandar Lampung

Jalan-Jalan

Serunya bermain di Pantai Clara Bandar Lampung

My Birthday

Serunya Ulang Tahun ku bersama teman-teman ku....tiup lilin nya.............

My Birthday

Suapan dari Bunda yang tersayang, Bunda Rita.............

My Birthday

Potong Tumpengnya.............

Belajar Ngemse

Belajar memberanikan diri tuk tampil di depan umum.............

Tim Merah Putih

Suasana Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2019.............

Juara

Yeay...dapat hadih dan piala nih.............

Tim Medis selalu siaga

Kenangan sewaktu dirawat saat Diklatsar.............

Coach Abah Qum

Teman Seperjuangan dalam satu kelompok.............

Coach Abah Qum

Teman Seperjuangan dalam satu kelompok.............

Bonbon n Embul

Senangnya main sama dua bocah yang super gemesin ini.............

My Bonbon

Bocah yang selalu Aktif.............

Sunday, 8 December 2019

Belajar Suapin Adek

"Suap dek....." teriak Kenzie saat mamanya lagi suapin adek mam. Alhasil diambilnya sendok ditangan mama dan dia yang nyuapin adek. Aduuhh...senang bahagia rasanya melihat mereka berdua akur gini, lucu dan menggemaskan tingkahnya. Si Kakak sangat sayang sama adek.

Si adek sekarang udah delapan bulan, huffttzz...gak terasa ya udah gede aja nih adek, padahal rasanya baru kemarin si adek dibedongin dan pakai kaos tangan dan kaki, sekarang udah se gede gini, gak lama lagi udah setahun, dan mungkin hanya waktu yang singkat untuk 10 tahun lagi, dan mereka sudah besar semua dan gak mau lagi di gendong-gendong, gak mau di timang-timang lagi, dan disaat itu lah aku merasa sedih...huhuuuu....
Punya dua bocah yang menggemaskan ini membuat aku selalu kangen...saat dikantor pun rasanya selalu ingin cepat pulang karena selalu terbayang tingkah lucu mereka berdua ini. Alhamdulillah si Kakak gak nakal sama adek, si Kakak sayang sama adek nya. Mudah-mudahan mereka selalu akur, saling membantu dan saling mengerti sampai besar nanti, Aamiin...
Alhamdulillah, selalu bersyukur atas nikmat Tuhan yang tiada terkira ini..... Semua doa yang terbaik untuk anak-anak ku dan untuk keluarga ku tercinta....Aamiin....

Monday, 14 October 2019

Kota Palembang ku kembali di selimuti Kabut Asap

Pagi ini Senin 14 Oktober 2019, kabut asap kembali melanda. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah kabut asap. Jarak pandang hanya kisaran kurang dari 100 meter. Bagaikan Negeri diatas awan, Kota Palembang ku kembali diselimuti kabut. Waktu telah menunjukkan pukul tujuh, namun cuaca seperti masih subuh, udara segar pun tiada, yang ada hanyalah kabut asap dan udara yang tidak sehat sehingga terasa sesak ketika kita bernafas.

Sebelumnya saya sudah menulis tentang kabut asap ini. Pada tulisan sebelumnya mengenai kabut asap ini, bahwa untuk Sumatera Selatan telah ditetapkan status siaga sejak 8 Maret sampai dengan 31 Oktober 2019.

Karena pekatnya kabut asap pagi ini, Walikota Palembang melalui Kepala Dinas Pendidikan langsung memulangkan Anak Sekolah mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP dan dirumahkan selama tiga hari sampai hari Rabu.
Nah, karena cuaca sedang ekstrim dan tidak sehat seperti sekarang ini, sebaiknya kita tetap berada di dalam ruangan. Jika pun mendesak karena ada keperluan untuk keluar ruangan, selalu gunakan masker. Konsumsi air putih sebanyak mungkin dan tetap jaga kondisi tubuh.

Semoga bencana kabut asap ini segera berlalu, segera turun hujan dan kami semua dapat menikmati udara segar kembali...Aamiin....

Monday, 7 October 2019

Chiken... Mainan Baru Kakak Kenzie

Chiken...chiken..chiken... teriakan Kenzie dengan riangnya melihat anak ayam yang baru menetas itu. Ayam kami baru saja menetas, tapi dari sepuluh telurnya barulah satu yang menetas. Karena anak ayam itu jatuh, jadi dibawa masuk oleh nenek dan ditaruh di dalam kardus.
Piyaakk..piyaakk..piyaakk...(begitu bunyinya ya anak ayam baru menetas..hihiii). Bunyi suara anak ayam itu mengalihkan perhatian Kenzie yang sedang asyik bermain. Berkeliling dia mencari sumber suara itu. Dan...nah....Chikenn...Chiken..teriaknya senang.

Lalu diangkatnya kotak kardus isi chiken itu. Di pegangnya anak ayam itu, dilihatnya dengan senang sambil berteriak berulang kali chiken..chiken..(Dia taunya itu chiken, bukan ayam...maklum ini anak Londo jadi gak tau bahasa Indonesia, hahaaa....
Saking bahagianya mendapati anak ayam itu, dia gak mau main yang lain selain chiken nya itu. Dipegang nya, di elus-elus nya, di gendongnya..dan yang paling buat spot jantung..itu anak ayam di jatuhinnya, senang dan tertawa riang dia melihat anak ayam nya jatuh. Begitulah dilakukannya berulang kali. 
Kasian juga nih sama anak ayam, bisa-bisa dia tewas seketika oleh perbuatan Kenzie, hahaa... Namun si Kenzie pun belum mau melepaskan anak ayam itu, sudah dicoba diambil dan disembunyikan itu anak ayam, namun percuma saja dia akan menangis dan mencari anak ayam itu.

Begitulah keseruan Kenzie mendapatkan mainan barunya si chiken. Pelan-pelan ya nak mainnya, kasihan kan itu chiken nya...nanti bisa-bisa tewas loh...hihii....

Friday, 4 October 2019

Menu MPASI Perdana Pure Labu Kuning

Yeaay...hari ini si Adek udah lulus ASI Eksklusif... waktunya untuk MPASI nih... semoga si Adek doyan makannya yah... biar makin embul... hehe...
Menu MPASI Pure Labu Kuning
Dari si Kakak, saya selalu membuat MPASI sendiri, walalupun repot, tapi itu semua akan terbayarkan dengan melihat si baby lahap makan. Senengnya itu kebangetan loh kalo liat si baby lahap makan... hihii...

Nah, hari ini nih adalah hari pertamanya si Adek makan. Untuk menu hari pertama ini saya cobain aja dulu labu kuning. Jadi nya menu pure labu kuning.

Cara membuatnya pun gampang sekali. Cukup kupas labu kuning dan dipotong-potong. Lalu di kukus selama lebih kurang 10 menit. Setelah itu dihaluskan. Lalu di beri sedikit ASIP ataupun sufor. Siap deh untuk diberikan ke dedek bayi nya...


Yook bunda...kita suap si dedek baby dulu yah....

Tuesday, 24 September 2019

ASI Eksklusif, makanan terbaik untuk si Kecil

Usia si kecil sekarang sudah lima bulan. Alhamdulillah sebentar lagi lulus ASI Eksklusif. Bukan hal yang mudah untuk memberikan ASI sementara saya bekerja. Alhasil harus selalu siap alat pumping saat bekerja. Saat dikantor, saya selalu menyempatkan untuk pumping. Meskipun repot karena harus membawa tas ASI yang berisikan alat pumping, botol asi dan ice gel nya, saya tetap semangat karena demi memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Sebisa mungkin saya mengatur waktu dan menyempatkan untuk melakukan pumping. Saya melakukannya setiap dua jam sekali, namun jika sedang sibuk bisa empat jam baru pumping.
Dimanapun dan kapanpun harus bisa pumping
Saya harus tetap semangat, karena ada banyak sekali manfaat ASI eksklusif. ASI adalah makanan sempurna untuk bayi, terlebih jika diberikan secara eksklusif selama 6 bulan. Selain ASI, tidak ada makanan lain yang cocok diberikan pada bayi sampai usianya 6 bulan. Pemberian ASI secara eksklusif adalah sarana yang tepat untuk menjalin ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi. Selain itu, ada berbagai manfaat ASI yang bisa didapatkan yaitu :
  • Mencegah bayi menderita alergi. Pemberian susu formula, susu sapi, atau susu kedelai pada bayi rentan membuat bayi mengalami reaksi alergi.
  • Meningkatkan kecerdasan bayi. Pemberian ASI dapat meningkatkan perkembangan kognitif bayi.
  • Melindungi bayi dari obesitas. ASI eksklusif yang diberikan pada bayi dapat menurunkan risikonya untuk mengalami kegemukan saat ia remaja atau dewasa.
  • Menyusui membantu ibu menurunkan berat badan yang meningkat selama kehamilan.
  • Membantu meningkatkan kontraksi rahim, mengurangi perdarahan, dan mengembalikan ukurannya seperti semula setelah kehamilan. Ini karena menyusui meningkatkan produksi hormon oksitosin yang mendukung hal-hal tersebut.
  • Menurunkan risiko ibu mengalami depresi postpartum atau depresi pasca melahirkan.
Tas ASI yang selalu siap dibawa kemanapun
Melihat begitu banyak manfaatnya, ASI eksklusif adalah makanan sekaligus minuman terbaik untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan. Jadi, sebaiknya jangan sia-siakan masa emas pemberian ASI ini untuk si kecil. Ayoo...semangat para bu ibu yang sedang menyusui...kita semua pasti bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Semangat.....!!

Tuesday, 17 September 2019

Kota Palembang ku, bagaikan Negeri di atas Awan

Waktu sudah menunjukkan pukul tujuh pagi, namun di jalanan masih agak gelap serasa masih subuh, iya....karena kota ini masih diselimuti kabut asap tebal yang membuat sesak dada ini, bukan sesak karena sakit ditinggalkan kekasih, namun sesak karena kabut asap. Hemmm....
Jembatan AMPERA serasa diatas awan
Matahari sudah menampakkan wajahnya. Akan tetapi sinarnya masih terhalang oleh kabut asap yang tebal, sehingga dia nampak seperti sedang bersembunyi di balik awan.

Sepanjang perjalanan menuju ke kantor... mata terasa pedas, tapi bukan pedas karena sambal, ini pedas karena kabut asap..huhuu...
Matahari pun tertutup kabut asap
Kabut asap yang semakin pekat disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), menyelimuti Palembang, Sumatera Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabut Asap Makin Tebal dan Berbahaya, Siswa di Palembang Diliburkan", https://palembang.kompas.com/read/2019/09/17/15413791/kabut-asap-makin-tebal-dan-berbahaya-siswa-di-palembang-diliburkan.
Penulis : Kontributor Palembang, Aji YK Putra
Editor : David Oliver Purba
Kabut asap yang semakin pekat disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), menyelimuti Palembang, Sumatera Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabut Asap Makin Tebal dan Berbahaya, Siswa di Palembang Diliburkan", https://palembang.kompas.com/read/2019/09/17/15413791/kabut-asap-makin-tebal-dan-berbahaya-siswa-di-palembang-diliburkan.
Penulis : Kontributor Palembang, Aji YK Putra
Editor : David Oliver PurbaK
Kabut asap yang semakin pekat ini disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Sumatera. Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebut, jumlah titik api atau hotspot di Indonesia tahun ini lebih banyak dibanding tahun lahu. Di seluruh Indonesia, berdasarkan data BNPB, ada 2.862 titik api.

Berdasarkan data terakhir dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terdeteksi asap di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat. Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Semenanjung Malaysia, Serawak Malaysia dan Singapura.

Untuk wilayah Sumatera Selatan, luas lahan dan hutan yang terbakar sebesar 11.826 hektare. Diketahui, terdapat 472 titik api disana. Wilayah ini masuk dalam kategori tidak sehat dengan indeks AQI sebesar 553. Status siaga darurat ditetapkan sejak 8 Maret sampai dengan 31 Oktober 2019. 
Sungguh...bagaikan negeri diatas awan..
Wah wah...ternyata di tahun ini kejadian kabut asap lebih parah ya dari tahun sebelumnya. Kita hanya bisa berdoa dan menunggu dari Pemerintah semoga bisa mengatasi masalah kabut asap ini. Mari kita jaga kesehatan, upayakan mengurangi aktivitas dan kegiatan sehari-hari diluar rumah. Jika keadaan darurat mengharuskan untuk bepergian, gunakan selalu masker. Bila dirasa kondisi tubuh mulai sulit bernapas dan gangguan kesehatan lain, segera bawa ke dokter atau klinik terdekat. Jangan lupa juga banyak minum air putih dan makan buah untuk menjaga sistem kekebalan imunitas dalam tubuh.Yuk...jaga kesehatan dari bahaya kabut asap.

Monday, 16 September 2019

Kenzie selalu Aktif dimanapun berada


Kenzie lagi pilih kado loh...
Gak terasa, usianya sekarang sudah 2 tahun 4 bulan. Kenzie, memang anak yang aktif sekali. Dimanapun tempat dia gak akan bisa diam sampai apa tujuannya tercapai. Seperti Minggu kemarin, kami mencari kado untuk keponakan yang aqiqah. Kami pun mencari di mall terdekat. Sesampainya disana kami mencari-cari kado apa ya kira-kira untuk keponakan kami??
Dapet deh kadonya
Disaat sibuk mencari kado, nih si Kenzie pun ikutan sibuk kesana kemari. Kami pun mendapatkan barang untuk kadonya yaitu ayunan kursi dengan musik. Langsung bungkus deh...hehee..

Disaat mbaknya merapikan barang pun si Kakak ikutan sibuk tuh, ya ampun....nih anak bener-bener deh gak bisa diam ya......
Liatin mbaknya dulu biar kerjanya rapi..hehee...
Setelah bosan main-main nungguin mbak pramuniaga berkemas, Kenzie pun berjalan-jalan mengelilingi seisi mall..aduuh... mama nih paling takut kalau dia menyentuh barag pecah belah, kalau dia mecahin barang kan otomatis kita membelinya..aduhh..makanya harus di iringi jangan sampai hal itu terjadi.
Jalan-Jalan lagi ah..
Punya anak yang aktif itu memang butuh ekstra energi dan kesabaran yang ekstra juga. Dari matanya terbuka sampai sebelum dia tidur, dia gak akan pernah bisa diam ditempat. Dia akan selalu kesana kemari, pegang ini dan itu, apalagi kalau ia melihat hal-hal yang baru saja dilihatnya, rasa ingin tau nya sangat besar. Terkadang kita nya udah lowbat eeehh dianya masih aja full charge. Dia akan diam ditempat pada saat dia tidur. hahaa...

Tapi itulah masa kanak-kanak, mereka gak akan lama seperti ini, mereka tumbuh dengan cepat, gak akan kerasa nanti mereka udah dewasa dan gak mau lagi main sama mama papa nya karena udah punya dunia sendiri.

Aahh...itulah bahagianya menjadi orang tua, bisa menyaksikan dan mendampingi tumbuh kembang anak adalah hal yang tak akan tergantikan.

We Love you son.....

Sunday, 8 September 2019

Imunisasi si Kecil usia empat bulan

Klinik Budi Indah

Yah....kepagian nih, masih sepi dan belum buka... yaudah deh main-main aja dulu sama mama dan papa...itu teriakan si kakak Kenzie...hihii...

Main ayunan sama si kakak dan adek

Pagi ini jadwalnya imunisasi si kecil... iya, si kecil udah usia empat bulan, udah jadwalnya imunisasi nih... aduhh.. kadang kasian dan gak tega juga kalo si kecil harus imunisasi, gak tega liat dia nangis sewaktu disuntik dan yang pastinya demam panas setelah imunisasi. Tapi mau gimana lagi, sebelum usia satu tahun harus lengkap imunisasinya, jadi mau gak mau harus dijalankan demi kesehatan anak di masa depan.

Imunisasi adalah upaya pemberian bahan antigen untuk mendapatkan kekebalan adaptif pada tubuh manusia terhadap agen biologis penyebab penyakit. Dengan kata lain, langkah ini bertujuan agar tubuh dapat melindungi dirinya sendiri. Penting untuk memenuhi jadwal imunisasi agar anggota keluarga terhindar dari penyakit berbahaya. Berikut jenis imunisasi lengkap bagi bayi di bawah usia 1 tahun yaitu : 
  • Usia 0 bulan: BCG, HB-0, Polio-0
  • Usia 2 bulan: DPT/HB/Hib-1, Polio-1
  • Usia 3 bulan: DPT/HB/Hib-2, Polio-2
  • Usia 4 bulan: DPT/HB/Hib-3, Polio-3
  • Usia 9 bulan: Campak

Pagi sekali aku dan suami sudah ke kantor, setelah mengisi absensi, kami ijin kepada atasan dan langsung menuju klinik tempat imunisasi. Maklumlah, sebagai ibu rumah tangga namun juga sebagai pegawai, jadi harus bisa bagi waktu, kerjaan oke, ngurus keluarga juga beres.. hehee..

Kakak main sama papa di halaman depan Klinik 
Namun ternyata sesampainya di klinik, aduuh... masih kepagian jadi klinik belum buka dan petugasnya belum datang. Sembari menunggu, kami main-main aja dulu deh. Eh, tapi ini yang mau imunisasi si adek, kok kakak ikutan ya? Iya nih, si kakak gak mau tinggal, jadi kalo adek pergi ya si kakak juga harus ikutan dong.....

Yaudah deh, sembari menunggu petugas datang, kami main-main dulu ya... bubyee om, tante, omah, opah, dah semuanya....

Sunday, 1 September 2019

Bhineka Tunggal Ika

Beda seragam..namun tetap satu hati..
Walau berbeda-beda namun kita tetap satu jua... itulah semboyan Bangsa Indonesia Bhineka Tunggal Ika yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.

Disini apa yang berbeda? Seragamnya? iya dong memang seragamnya yang berbeda, hehee... Ini adalah foto bersama coach (pembimbing) dalam pembuatan Laporan Aktualisasi. Dalam satu coach itu terdapat sepuluh orang, jadi sebenarnya foto ini belum lengkap ya. Coach kami (yang paling tengah) bernama Qum Zaidan, kami biasa memanggilnya Abah Qum...hehee...

Laporan Aktualisasi adalah rangkaian kegiatan dalam Pendidikan dan Pelatihan Dasar sebagai seorang ASN (Aparatur Sipil Negara). Dalam dua bulan masa Diklat, satu bulan adalah masa Aktualisasi dan setelahnya kita membuat Laporan Aktualisasi yang harus diseminarkan untuk kelulusan.

Dalam satu kelompok kami, berasal dari berbagai instansi baik kesehatan maupun teknis. Namun walau kami berasal dari beragam Instansi, kami tetap solid dan kompak.
Nah...ini adalah foto versi lengkapnya..
Terima kasih coach Abah Qum sudah berkenan membimbing kami, semoga Ilmu yang telah diberikan dapat menjadi berkah dan manfaat, doakan semoga anak-anakmu ini menjadi orang yang suskses dan berhasil... Aamiin...

Saturday, 24 August 2019

Perjuangan dan Pengorbanan demi meraih Sukses

Foto bersama Dokter dan Perawat 
Sewaktu pendidikan beberapa waktu yang lalu, aku pun diberikan ujian sakit, sempat dirawat di Poliklinik. Aduuhh, rasanya itu sedih banget, nelongso kalo kata orang Jawa tuh. Gimana enggak, disaat aku di asramakan, sakit dan dirawat, tapi disaat itu pula aku tidak boleh ditemani oleh keluarga, suami pun tak boleh, bisa dibayangin kan gimana rasanya disaat sakit tapi gak ada orang terdekat menemani, aduuhhh... sampe nangis deh....

Memang peraturan dari penyelenggara pendidikan seperti itu, karena kami diasramakan untuk proses pendewasaan dan mandiri, jadi walau sakit tidak boleh pulang atau ditemani keluarga. Teman-teman asrama mereka bergantian untuk jaga, duh... bener bener rasanya gak enak deh jadi merasa ngerepotin orang, padahal disaat seperti ini kan teman-teman harusnya bisa istirahat, eehh ini malah harus menjaga aku, hiks..hiks...
Teman-teman seperjuangan
Sekedar informasi, saat ini aku sedang dalam masa percobaan menjadi Pegawai, hehee... jadi untuk lulus ke tahap selanjutnya harus melalui pendidikan dan pelatihan selama lebih kurang 2 bulan. Sewaktu dirawat itu, aku dijenguk oleh WI (Widya Iswara) dan beliau berkata "kalau memang gak sanggup lebih baik mengundurkan diri saja, dan ikut tahap selanjutnya atau tahun berikutnya". Waduuhh... mak jlebb... tersentak rasanya dibilangin begitu, "aku gak mau ikut tahap selanjutnya", kata ku dalam hati.

Lalu setelah beliau keluar, aku pun meminta kepada Dokter agar diperbolehkan untuk mengikuti pelajaran ke kelas. Dokter belum mengijinkan, namun aku memohon kepada Dokter, dan aku katakan bahwa aku harus lulus diklat ini dan tidak mau mengulang. Akhirnya Dokter pun mengijinkan, dengan syarat...inpus harus tetap terpasang, alhasil...belajar di kelas masih memakai inpus...haduuhh...rasanya bahagia sekali ya, hihii...sayang nya gak ada fotonya nih...
Kumpul sebelum olahraga pagi
Sekarang, aku sudah selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan ini, rasanya bahagia tak terhingga, dan momen ini akan selalu menjadi kenangan, bahwa akan ada hikmah di setiap kejadian, kesuksesan itu tidak bisa didapat dengan instan, melainkan melalui perjuangan dan pengorbanan. Semoga kita semua akan menjadi orang yang sukses dan berhasil, Aamiin....

Thursday, 22 August 2019

Semangat 45 HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019

Horeee....dapet hadiah dan piala nih...
Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 74, di kantor kami mengadakan berbagai macam perlombaan, aku pun ikut berpartisipasi dan Alhamdulillah mendapat Juara...

Horeeee....kata ku dalam hati senang dan sorak gembira. Walaupun hadiah yang di dapat bukan lah barang mewah, namun rasa bahagia dan gembira karena dapat memeriahkan suasana HUT kemerdekaan tahun ini bersama teman-teman yang baru. Upsss.... kok teman baru sih?? Iya, karena aku belum lama ini pindah tugas jadi sekarang bersama teman-teman baru lagi. Gapapa deh makin sering pindah tugas makin bertambah teman, hehee....

Tim Merah Putih 😊
By the way, ini tulisan pertama aku ya, setelah sekian lama vakum dan meninggalkan dunia tulis, sekarang aku bakal hadir lagi... Horeeee....semoga tetap semangat ya buat aku dan buat kalian semua, terutama di bulan kemerdekaan ini...

Ayoo semangat 45.... semangat perjuangan... Merdeka..... Merdeka.... Merdeka......